Ada beberapa pengertian di masyarakat
mengenai istilah khodam mahluk halus, sebagiannya bersifat pengkultusan,
sehingga mengaburkan pengertiannya, yang malah menjadikan orang senang
bila mengetahui ada benda miliknya yang berpenghuni gaib (berkhodam),
atau mendorong orang mengkoleksi bermacam-macam benda yang berpenghuni
gaib karena mengharap ada tuahnya. Pada sebagian orang pengkultusan itu
malah menjadikan rasa takut bila mengetahui ada sesuatu benda miliknya
yang berpenghuni gaib.
Pengertian khodam dan mahluk halus dalam tulisan ini adalah berasal dari sudut pandang Penulis pribadi. Seandainya berbeda dengan pandangan orang-orang yang umum atau berbeda dengan pandangan dalam ajaran suatu agama, jika ada, haruslah dipahami bahwa ini adalah pandangan yang bersifat pribadi, tidak dimaksudkan untuk diperbandingkan atau dipertentangkan dengan pandangan-pandangan lain tersebut, jika memang ada perbedaan pandangan.
Pengertian Khodam dan Keberadaannya
Khodam adalah
istilah untuk suatu mahluk halus yang bisa dimintai bantuannya oleh
manusia. Jenis mahluk halusnya bisa dari jenis apa saja, bisa jin,
kuntilanak, gondoruwo, dsb, bisa juga berasal dari khodam jimat atau
pusaka, bisa menjadi khodam ilmu gaib atau khodam pendamping, atau pun dipanggil / dihadirkan untuk
diperintah melakukan perbuatan gaib tertentu (khodam ilmu hadiran). Pengertian khodam dan mahluk halus dalam tulisan ini adalah berasal dari sudut pandang Penulis pribadi. Seandainya berbeda dengan pandangan orang-orang yang umum atau berbeda dengan pandangan dalam ajaran suatu agama, jika ada, haruslah dipahami bahwa ini adalah pandangan yang bersifat pribadi, tidak dimaksudkan untuk diperbandingkan atau dipertentangkan dengan pandangan-pandangan lain tersebut, jika memang ada perbedaan pandangan.
Pengertian Khodam dan Keberadaannya
Bedanya khodam dengan mahluk halus lain adalah, suatu mahluk halus disebut khodam bila mahluk halus tersebut bisa dimintai bantuannya oleh seseorang untuk melakukan suatu perbuatan gaib tertentu (di Jawa sering disebut sebagai prewangan), atau bisa diharapkan manfaat kegaibannya.
Dan sebuah benda disebut berkhodam jika mahluk halus yang berdiam di dalamnya bisa dimintai bantuannya (diperintah) untuk melakukan suatu perbuatan gaib tertentu atau bendanya memberikan tuah kegaiban tertentu bagi pemakainya.
Tetapi, tidak semua mahluk halus mau dijadikan khodam, dan tidak semua benda berpenghuni gaib akan memberikan tuah kepada manusia.
Jadi jika suatu sosok mahluk halus tidak mau diperintah, maka sosok mahluk halus itu tidak bisa disebut khodam, hanya mahluk halus biasa saja sama dengan mahluk halus lainnya, atau jika suatu benda berpenghuni gaib tidak memberikan tuah apa-apa bagi pemiliknya, maka benda itu tidak bisa disebut benda berkhodam, hanya benda biasa saja yang berpenghuni gaib, dan tidak bisa menjadi jimat / pusaka bagi seseorang, karena tidak memberikan tuah apa-apa.
Singkatnya, istilah khodam diartikan sebagai sosok mahluk halus tertentu yang bisa dimintai bantuannya atau diharapkan kegaiban
/ tuahnya oleh manusia, atau yang menjadi sumber kekuatan gaib dari suatu benda jimat,
pusaka atau ilmu gaib. Mereka bisa dari jenis mahluk halus apa saja.
Secara
umum pengertian khodam adalah mahluk halus yang berasal dari
benda-benda gaib bertuah, khodam ilmu atau khodam pendamping, dan
sosok-sosok halus tertentu yang dengan sengaja dihadirkan (didatangkan)
untuk keperluan ilmu gaib.
Secara umum :
Khodam Ilmu dan khodam pendamping, bisa mahluk halus jenis apa saja, umumnya bangsa jin.
Khodam jimat batu cincin, rajahan dan khodam isian / asma'an bisa dari jenis apa saja, umumnya bangsa jin.
Khodam keris jawa (keris
tua buatan empu keris jaman dulu) dan benda-benda pusaka lain buatan
empu keris jawa jaman dulu, umumnya khodamnya adalah mahluk halus sebangsa wahyu
keris, yang komunitasnya tinggal di atas gunung Himalaya, dekat kediaman para dewa di Kahyangan.
Khodam Mustika (yang
asli alam), umumnya bukan bangsa jin. Khodamnya adalah jenis
tersendiri.
Mustika yang sejenis biasanya khodamnya juga dari jenis yang
sama (tetapi wujudnya bisa berbeda-beda).
Mustika yang berbeda, khodamnya juga dari jenis yang
berbeda.
Khodam dari berbagai mustika wesi kuning umumnya sejenis.
Khodam dari banyak mustika merah delima umumnya sejenis.
Tetapi khodam mustika wesi kuning berbeda jenis dengan khodam mustika merah delima.
Khodam mustika keong buntet, burung perkutut majapahit dan burung perkutut jawa berbulu putih biasanya adalah bangsa jin dari golongan putih.
Roh Leluhur sebagai Khodam
Manusia
jaman dulu memiliki ikatan kekerabatan dan kekeluargaan yang tinggi,
sehingga setelah mereka meninggal dan rohnya berada di alam roh, selain
berkomunitas dengan roh-roh saudaranya yang lain, mereka juga
memperhatikan kehidupan anak-cucu keturunan mereka. Ada kalanya mereka
datang menjenguk seorang keturunannya, atau datang menjenguk dan mengobati
keturunannya yang sedang sakit, atau mengirimkan khodam ilmu mereka
dahulu untuk mendampingi seorang keturunannya. Selain itu ada juga
seorang leluhur yang memberikan benda-benda gaib
miliknya kepada seorang keturunannya, secara langsung ataupun melalui
perantaraan orang lain.
Selain yang hanya mengawasi dari jauh dan yang sesekali datang menjenguk, ada juga sukma leluhur yang kemudian tinggal bersama salah satu keturunannya, bisa tinggal di rumahnya, bisa juga tampil mendampinginya sehari-hari (yang secara keilmuan gaib keberadaannya sering juga disebut sebagai khodam pendamping).
Selain yang hanya mengawasi dari jauh dan yang sesekali datang menjenguk, ada juga sukma leluhur yang kemudian tinggal bersama salah satu keturunannya, bisa tinggal di rumahnya, bisa juga tampil mendampinginya sehari-hari (yang secara keilmuan gaib keberadaannya sering juga disebut sebagai khodam pendamping).
Khodam Pendamping
Seseorang
yang memiliki khodam ilmu / pendamping dari golongan putih, biasanya
khodamnya itu
tidak akan menyulitkannya dalam proses kematiannya. Selain itu,
khodam-khodam yang sudah cocok dan menyatu dengan orang tersebut,
yang sudah terjalin rasa ikatan batin / pertemanan / persaudaraan,
setelah orang tersebut meninggal dunia, khodamnya itu akan tinggal di
makamnya, sehingga kemudian makamnya itu menjadi berkesan wingit,
sedangkan khodam-khodam yang murni bersifat sebagai khodam ilmu akan
pergi meninggalkannya, hidup sendiri-sendiri.
Khodam-khodam yang sudah terjalin rasa ikatan batin / pertemanan / persaudaraan tersebut di atas, suatu
saat jika ada keturunan si manusia tersebut yang si khodam merasa
cocok, maka khodam itu akan datang sendiri mengikut kepada manusia si
keturunan tersebut. Biasanya manusia tersebut mempunyai karakter yang
mirip dengan leluhurnya dulu yang memiliki khodam tersebut, sehingga si khodam merasa cocok.
Selain
yang datang sendiri, kedatangan khodam leluhur tersebut bisa juga
karena diperintahkan oleh si leluhur sendiri untuk mengikut kepada
seorang keturunannya. Ini adalah bentuk perhatian si leluhur kepada
keturunannya
untuk menjaga dan melindunginya. Selain khodamnya itu, biasanya si
leluhur itu sendiri kerap datang mengunjungi keturunannya tersebut,
disadari ataupun tidak. Jika si manusia tersebut mampu melihat gaib
dan/atau mampu berkomunikasi / berinteraksi dengan gaib, dia juga akan
dapat belajar
berbagai macam ilmu gaib, kepada khodamnya itu maupun kepada leluhurnya
tersebut.
Selain yang merupakan
khodam ilmu dan khodam dari leluhur, ada juga mahluk halus lain yang datang mengikut seseorang, seringkali tidak
dengan sengaja didatangkan, tidak diundang dan tidak disadari
keberadaannya. Seringkali
khodam ini datang kepada seseorang yang tekun beribadah dan rajin berdoa
/ wirid. Biasanya seseorang yang tekun bersemadi, meditasi, membaca amalan gaib, zikir dan
wirid, tubuhnya akan memancarkan energi tertentu dan pikirannya akan
memancarkan gelombang tertentu. Pancaran energi dan gelombang pikiran
inilah yang seringkali menjadi pengundang datangnya sesosok mahluk halus kepada
seseorang, walaupun kedatangan mahluk halus itu tidak sengaja diundang.
Biasanya
mahluk halus yang datang itu sifat-sifat karakternya sesuai dengan isi
doa / amalan yang sering dibaca oleh orang tersebut. Misalnya jika doa /
amalan yang diwiridnya adalah permohonan kerejekian / pengasihan, maka sosok halus
yang datang kepadanya adalah yang berkarakter halus yang cocok untuk
menunjang kerejekian, pengasihan, dsb. Sedangkan jika isi doa /
amalannya adalah mengenai kekuatan / kesaktian (atau dalam banyak hal
termasuk juga doa-doa keselamatan), maka sosok halus yang datang itu
biasanya adalah yang berkarakter keras dan menonjolkan kekuatan / kesaktian (dalam beberapa kasus berefek negatif terhadap kerejekian).
Bila
khodam leluhur dan mahluk halus tersebut di atas berfungsi untuk
kesaktian, biasanya bentuk penyatuannya dengan si manusia adalah yang
biasa disebut sebagai ketempatan mahluk halus, sedangkan yang kegunaannya untuk fungsi lain selain untuk kesaktian, maka bentuk penyatuannya adalah pendampingan (mendampingi). Secara umum, semua sosok-sosok halus tersebut disebut sebagai khodam pendamping.
- Ketempatan.
Ketempatan
mahluk halus adalah kejadian
adanya sosok mahluk halus yang mengikut kepada seseorang dengan cara
bersemayam
di dalam tubuhnya. Asal-usul mahluk halus tersebut bisa berasal dari
khodam leluhur
atau bisa juga mahluk halus lain yang datang sendiri kepadanya. Fenomena ini disebut
ketempatan
mahluk halus atau ketempatan khodam leluhur, karena keberadaan mahluk
halus itu
bukan hanya untuk mendampingi, tetapi juga menyatukan diri dengan si manusia
dengan cara bersemayam di dalam tubuhnya, menjadikan tubuh manusia itu
sebagai rumahnya yang baru.
Mahluk
halus tersebut bersifat khodam kesaktian, posisinya di
dalam tubuh. Khodamnya memposisikan dirinya sama dengan tubuh orangnya dan
kekuatannya
mengisi kekuatan tangan, kaki, dsb. Jadi kondisi khodam tersebut sudah
menyatukan diri dengan si manusia, sehingga kalau si manusia berkelahi
atau
memukul orang, pukulannya akan berefek sama seperti orang yang berilmu
kesaktian, bisa
mematikan. Karena khodamnya sudah menyatu, maka jika si manusia
belajar ilmu bela diri, maka kekuatannya akan menjadi berlipat-lipat
jika khodamnya itu menunjukkan kekuatannya, atau jika membacakan suatu
amalan ilmu gaib, maka amalan apapun yang dibaca oleh orang
tersebut pasti manjur. Khodamnya itu juga akan membantunya dalam aktivitasnya
sehari-hari.
Ketempatan mahluk halus biasanya tidak menjadi masalah
sepanjang watak dan tujuan keberadaan mahluk tersebut baik. Biasanya orang yang ketempatan mahluk halus menjadi semacam "keberkahan", karena dengan keberadaan
mahluk tersebut di dalam tubuhnya dapat menyebabkan orang tersebut menjadi sakti,
kuat tubuhnya, atau mahluk tersebut berinteraksi dengan pikirannya, sehingga
orang tersebut dapat memiliki kemampuan supranatural tertentu, seperti bisa
meramal, bisa melihat gaib, atau bisa menyembuhkan orang sakit, dsb. Namun
perlu juga si manusia berwaspada, jangan sampai yang datang kepadanya
itu adalah mahluk halus yang berwatak jelek atau yang dari golongan
hitam / abu-abu.
Biasanya keberadaan mahluk halus tersebut tidak menyebabkan si
manusia sakit, karena sebelumnya mahluk halus tersebut sudah
menyelaraskan energinya dengan si manusia. Walaupun begitu, bila si manusia
kondisi tubuhnya sensitif, atau secara kegaiban masih lemah, dapat juga merasa
penat / pegal-pegal di tubuhnya atau penat di kepalanya, atau saat pertama
mahluk halus tersebut menempati tubuhnya, orang tersebut mengalami sakit demam
/ panas, biasanya 3 hari.
Ketempatan
mahluk halus yang berwatak jelek dapat menjadikan
seseorang berubah perangainya, seperti menjadi mudah marah, suka
menyerang atau
menyakiti orang lain, suka memakan makanan yang aneh-aneh (termasuk
kejadian pada orang-orang yang kemudian menjadi suka memakan atau
merokok tembakau, meminum minyak tanah dan bensin, memakan ayam mentah,
memakan tanah dan batu, dsb).
Ketempatan
mahluk halus yang berbeda sifat dapat menyebabkan
seorang laki-laki berperilaku seperti perempuan (biasanya terjadi pada seorang laki-laki yang ketempatan jenis
bangsa peri), atau seorang perempuan berperilaku seperti
laki-laki, dsb. Tetapi kelainan perilaku ini tidak semuanya terjadi karena
adanya mahluk halus di dalam tubuh manusia, bisa juga terjadi karena adanya
kelainan genetik.
- Pendampingan.
Pendampingan oleh mahluk halus adalah kejadian adanya sesosok mahluk halus yang
datang dan mengikut kepada seseorang dengan cara mendampingi (memposisikan diri
di samping kanan, kiri, depan, atau di belakang tubuhnya, atau di atas kepalanya).
Asal-usul mahluk halus tersebut bisa berasal
dari khodam leluhur, khodam ilmu gaib, atau mahluk halus lain yang seringkali
tertarik datang dan mengikut kepada seseorang yang tekun bersamadi, membaca amalan gaib, wirid, atau
zikir. Mahluk halusnya bisa dari jenis apa saja, kebanyakan bangsa jin.
Biasanya keberadaannya tidak ada interaksi
langsung dengan pikiran / kesadaran si manusia, sehingga seringkali
keberadaannya tidak disadari. Walaupun sehari-harinya tidak terasa, tetapi
mungkin ada saat-saat tertentu si manusia merasa ada kekuatan lain yang
bersamanya, atau ada kekuatan lain yang membantu kehidupannya.
Biasanya keberadaan mahluk halus tersebut tidak
menyebabkan si manusia sakit, karena sebelumnya mahluk halus tersebut sudah
menyelaraskan energinya dengan si manusia. Walaupun begitu, bila manusia tersebut
kondisi tubuhnya sensitif, atau secara kegaiban masih lemah, dapat juga merasa
pegal-pegal di tubuhnya.
Biasanya keberadaannya berfungsi sebagai khodam ilmu, atau
bersifat mendampingi, membantu keseharian si manusia, mewujudkan keinginan-keinginan dan doa-doa si
manusia, sehingga keinginan-keinginannya menjadi terwujud.
Khodam Ilmu
Ilmu Khodam adalah ilmu gaib yang menggunakan jasa kegaiban suatu mahluk halus (bisa jin,
kuntilanak, gondoruwo, arwah, dsb) sebagai khodam ilmu dalam pengamalan kegaiban ilmunya. Dilakukan dengan cara mengucapkan mantra atau
amalan-amalan gaib tertentu atau dengan berkomunikasi langsung dengan mahluk gaibnya. Jadi yang membedakan ilmu khodam dengan ilmu-ilmu lain adalah pada penggunaan jasa mahluk gaib sebagai sumber kekuatan ilmunya (khodam ilmu / prewangan).
Seseorang
yang menguasai ilmu gaib berkhodam seringkali tidak mengetahui bahwa
keilmuan gaibnya adalah menggunakan jasa mahluk halus / prewangan,
karena sepengetahuannya ilmunya adalah ilmu gaib kebatinan. Seseorang
yang menurunkan suatu ilmu khodam juga seringkali tidak menyatakan bahwa
keilmuan gaibnya adalah menggunakan jasa suatu mahluk halus. Karena itu
seseorang yang mempelajari atau diberi suatu ilmu gaib seringkali tidak
menyadari adanya penggunaan jasa mahluk halus ini, karena hanya
menjalankan saja amalannya, atau laku tirakat dan puasanya, sesuai
syarat ilmunya.
Bagi
mereka yang menguasai atau diberi
ilmu-ilmu gaib, sudah umum bila mereka berkaitan dengan mahluk gaib, ada
penyatuan
secara langsung maupun tidak langsung, antara dirinya dengan gaibnya,
disadari ataupun tidak. Mahluk gaib itu bisa mendampinginya sebagai
khodam pendamping,
atau didatangkan (dihadirkan) untuk diperintah melaksanakan tujuan dari
ilmu gaibnya, seperti untuk
keselamatan / perlindungan gaib, kekuatan / kesaktian, pelet, santet, guna-guna, pengasihan,
penglaris
dagangan, dsb. Jenis-jenis ilmu inilah yang biasa disebut sebagai ilmu
khodam, yaitu
yang menggunakan jasa gaib lain sebagai kekuatan ilmunya. Secara langsung ataupun tidak langsung, disadari ataupun tidak, orang itu menyatu dengan
roh tersebut dan kekuatan ilmunya menjadi sebanding dengan penyatuannya dengan roh itu. Tingkat kemanjuran ilmunya tergantung pada tingkat penyatuan seseorang dengan khodamnya dan kemampuan mengsugesti khodamnya.
Kekuatan ilmunya tergantung pada kekuatan kemampuan sugesti seseorang pada ilmunya dan kekuatan gaib khodamnya itu sendiri.
Khodam Ilmu adalah suatu sosok mahluk halus, bisa dari jenis apa saja, yang tujuan keberadaannya khusus untuk melaksanakan ilmu gaib seseorang. Sosok mahluk halus itu bisa mendampingi si manusia (menjadi khodam pendamping), ada juga yang dipanggil / dihadirkan (ilmu hadiran) untuk diperintah melaksanakan perbuatan gaib tertentu.
Khodam pendamping adalah khodam dari suatu ilmu gaib atau sosok mahluk halus lain yang datang kepada seseorang dan menyertainya / mendampinginya sehari-hari (mendampingi dan seringkali juga membantunya sehari-hari, sehingga keinginan-keinginan atau doa-doanya dan perkataannya menjadi terwujud).
Selain yang merupakan khodam ilmu dan khodam dari leluhur, khodam pendamping yang datang kepada seseorang seringkali tidak dengan sengaja didatangkan, tidak diundang dan tidak disadari keberadaannya. Seringkali khodam ini datang kepada seseorang yang tekun beribadah dan rajin berdoa / wirid atau membaca amalan gaib. Biasanya seseorang yang tekun bersemadi, meditasi, membaca amalan gaib, zikir dan wirid, tubuhnya akan memancarkan energi tertentu dan pikirannya akan memancarkan gelombang tertentu. Pancaran energi dan gelombang pikiran inilah yang seringkali mengundang datangnya mahluk halus kepada seseorang, walaupun kedatangannya itu tidak sengaja diundang.
Sosok halus yang menjadi pendamping manusia itu bisa dari jenis apa saja, bisa dari jenis bangsa jin, kuntilanak, gondoruwo, khodam jimat dan pusaka, atau mahluk halus lainnya. Karena itu orang-orang yang sadar bahwa ada sosok mahluk halus yang mendampinginya sebaiknya berwaspada, terutama pada perwatakan mahluk halusnya dan pengaruh negatif dari keberadaannya (misalnya mencari tahu dengan cara yang sama seperti menayuh keris). Jika jelas bahwa perwatakan sosok gaib pendampingnya itu tidak baik dan ada memberikan pengaruh negatif, maka sebaiknya segera melakukan Pembersihan gaib.
Khodam Keris Jawa
Wahyu (wahyu dewa) adalah suatu golongan mahluk halus dari jenis tersendiri, yang memiliki tugas tertentu dalam kehidupan manusia, yang peranannya sangat terorganisir dan komandonya dipegang oleh para Dewa. Kepada siapa mereka akan ditugaskan, semua kewenangannya ada di tangan para Dewa. Tidak ada satu pun manusia atau mahluk halus yang dengan kemampuannya sendiri dapat meraih wahyu tersebut, kecuali atas perkenan para Dewa. Wujudnya berbentuk bola-bola cahaya. Secara fisik dimensinya sangat halus, sehingga jarang sekali ada manusia yang mampu melihat wujud aslinya dan mengetahui lokasi keberadaan tempat tinggalnya. Yang sering terlihat hanyalah aura energinya, biasanya berwarna putih kebiruan, kehijauan, atau kemerahan, ketika sebuah wahyu sedang turun kepada seseorang yang kewahyon. Setelah tugasnya selesai, mereka segera kembali ke tempat asalnya.Khodam keris jawa adalah sejenis mahluk halus yang sifatnya mirip dengan gaib wahyu dewa. Sosok wujudnya bermacam-macam, sama seperti mahluk halus lain. Jenis ini juga berdimensi halus, tetapi lebih mudah dilihat daripada mahluk halus bangsa wahyu. Tetapi mereka tidak dikomando oleh para Dewa. Mereka lebih mandiri. Tetapi mereka juga menghormati para Dewa yang menjadi pengayom kehidupan manusia. Mereka mau turun untuk mengikut kepada seorang manusia hanya jika diminta oleh seorang spiritualis (empu) yang memiliki wahyu dewa dalam dirinya. Tuah / karisma wahyu dewa yang sudah ada di dalam diri seseorang akan menjadi berlipat-lipat ganda pengaruhnya setelah adanya perpaduan wahyu dewa tersebut dengan wahyu keris yang dimilikinya.
Setelah tugasnya selesai, wahyu keris tidak segera kembali ke asalnya, tetapi memilih tetap tinggal di dalam keris yang telah menjadi rumahnya yang baru. Tetapi banyak keris-keris yang dahulu terkenal sakti, kini telah menghilang dari kehidupan manusia. Mereka telah moksa, masuk ke alam gaib bersama dengan fisik kerisnya, karena tidak mau jatuh kepada orang-orang yang mereka tidak berkenan. Yang masih tinggal hanyalah keris- keris tiruan / turunannya saja.
Mahluk gaib wahyu dewa dan wahyu keris berkomunitas dan bertempat tinggal di udara di atas gunung Himalaya, dekat dengan tempat tinggal para Dewa di Kahyangan.
Status kesri dan kelas kesris bukan hanya di dunia manusia, di dunia gaib keris juga ada aturan hirarki status dan kelas gaib keris, yang aturannya sama dengan status dan kelas wahyu dewa yang diturunkan kepada manusia, karena filosofi dasar diturunkannya wahyu gaib keris adalah untuk dipasangkan dengan wahyu dewa yang diturunkan kepada manusia, sehingga hirarki status dan kelas gaib keris dan wahyu dewa itu sejalan.
Sesuai hierarki status dan kelas gaib keris di dunia gaib perkerisan, bila seseorang memiliki beberapa buah keris, maka urutan gaib keris yang menonjol dalam menunjukkan bentuk penyatuannya adalah sbb :
- Keris-keris ber-luk 5, keris pulanggeni, singa barong dan keris-keris keningratan lain, yang dalam pembuatannya ditujukan untuk dimiliki oleh seorang raja atau orang-orang yang memiliki status keningratan karena status keluarga / keturunan seorang raja / bangsawan.
- Keris-keris bertuah kekuasaan dan wibawa.
- Keris-keris bertuah kewibawaan.
- Keris-keris bertuah kesaktian.
- Keris-keris bertuah kesepuhan.
- Keris-keris bertuah kerejekian.
- Keris-keris bertuah pengasihan.
Hierarki status dan kelas gaib keris adalah hierarki dan tata krama di dunia mahluk halus gaib keris dan wahyu dewa. Hierarki itu tidak ditentukan oleh tingkat kesaktian masing-masing gaib keris, tetapi lebih ditentukan oleh hierarki status dan kelas gaib keris. Sama dengan di dunia manusia yang mana seorang rakyat atau punggawa harus menjunjung tinggi seorang raja atau bangsawan, di dunia mereka juga begitu. Sekalipun seorang rakyat / prajurit / senopati / panglima perang atau seorang panembahan kondisinya jauh lebih sakti daripada raja mereka, tetap saja mereka akan menundukkan diri di hadapan raja mereka. Begitu juga mereka di hadapan para bangsawan dan kaum ningrat.
Karena itu secara umum yang lebih menonjol menunjukkan penyatuannya dengan manusia adalah keris-keris yang berfungsi untuk penjagaan gaib, terutama didapatkan dari keris-keris untuk keningratan dan yang bertuah untuk kekuasaan dan/ atau wibawa.
Tetapi jika si pemilik keris bukan seorang keturunan raja atau ningrat, maka keris-keris yang bersifat keningratan tidak akan menunjukkan penyatuannya dengan si manusia dan posisinya akan digantikan oleh keris-keris yang lain sesuai hirarki status dan kelas gaib keris.
Karena itu jika seseorang memiliki beberapa buah keris yang fungsinya berbeda-beda dan ingin semua keris memberikan tuah secara bersama-sama dan terkoordinasi, maka harus ada upaya dari si manusia untuk menyatukan diri dan mengsugesti keris-kerisnya supaya bisa terjadi begitu. Jika seseorang mempunyai beberapa buah keris, sebenarnya masing-masing keris itu dapat memberikan tuahnya secara terkoordinasi sesuai jenis tuahnya masing-masing. Namun dalam pelaksanaannya tergantung juga pada tingkat penyatuan masing-masing keris dengan manusia pemiliknya.
Kalau kita ingin semua keris-keris itu memberikan tuahnya kepada kita secara terkoordinasi, maka kita harus mengsugestikannya kepada mereka semua bahwa kita menginginkan supaya mereka semua memberikan tuahnya kepada kita dan supaya tuahnya tidak saling berlawanan, misalnya tuah kewibawaan dan penjagaan gaib supaya tidak berlawanan dengan tuah kerejekian dan pengasihan. Caranya, keris-keris itu semua dikumpulkan di hadapan anda. Kemudian sampaikan kepada mereka keinginan di atas.
Secara alami tingkat penyatuan masing-masing keris dengan manusia pemiliknya itu selain tergantung pada tingkat penyatuan masing-masing pihak secara hati dan batin, juga tergantung pada kecocokan sifat fungsi keris dengan aktivitas keseharian pemiliknya, sehingga seorang pemilik keris yang kesehariannya bekerja sebagai seorang karyawan, mungkin hanya kerisnya yang berfungsi kerejekian-pengasihan saja yang menonjol dalam memberikan tuahnya, bukan yang bertuah kekuasaan dan wibawa.
Biasanya bila sebuah keris atau sejumlah keris merasa sudah cocok dengan manusia pemiliknya, maka khodam-khodam gaibnya, atau salah satu atau dua khodam gaib keris mewakili khodam-khodam keris yang lain, akan mendampingi dan menyertai si manusia di manapun dia berada, walaupun kerisnya ditinggal di rumah. Dengan demikian, bila diterawang, maka fisik keris itu akan tampak kosong tidak berpenghuni gaib, karena sosok gaibnya tidak berada di dalam keris, tetapi menyatu mendampingi si pemilik keris. Hanya sisa-sisa energi gaibnya saja yang ada pada keris tersebut. Seringkali kondisi ini salah ditafsirkan oleh para praktisi kebatinan atau praktisi perkerisan, yang menganggap keris itu tidak berguna, karena tidak menunjukkan kesan angker / wingit atau kosong tidak ada "isi"nya, walaupun ada tanda-tanda energi bahwa keris itu berpenghuni gaib.
Selain dalam bentuk pendampingan, bentuk menyatunya gaib keris dengan manusia pemiliknya ada juga yang diwujudkan dalam bentuk lain, yaitu si keris memberikan suatu aura energi yang melingkupi diri si pemilik keris. Dalam hal ini si gaib keris tetap berada di dalam kerisnya, tidak keluar mendampingi si manusia, tetapi dari tempat keberadaannya gaib keris itu memperhatikan si pemilik keris dimanapun dia berada. Energi / aura yang melingkupi diri si manusia pemilik keris adalah sebagai tanda bahwa manusia itu ada di bawah perlindungannya, supaya tidak ada mahluk halus lain yang mengganggu manusia itu, jika kerisnya berfungsi untuk penjagaan gaib, atau aura energi itu bersifat kewibawaan, pengasihan, dsb, sesuai fungsi kerisnya masing-masing.
Mengenai khodam keris jawa ini ada pengecualian untuk keris-keris kamardikan. Sebagian besar keris-keris kamardikan adalah keris-keris yang dibuat pada jaman sekarang untuk melestarikan seni perkerisan, dan bentuk-bentuk kerisnya disesuaikan dengan kreasi manusia pada jaman sekarang, tidak harus sama dengan keris-keris jaman dulu.
Sebagian besar keris-keris kamardikan dalam pembuatannya sudah disesuaikan dengan pertimbangan manusia jaman sekarang, yang dalam pembuatannya tidak lagi dilakukan dengan ritual-ritual yang serupa dengan cara empu-empu keris jaman dulu. Unsur gaib keris seringkali berbenturan dengan agama dan sikap berpikir manusia jaman sekarang yang tidak mau lagi dikaitkan dengan yang bersifat gaib. Karena itu pada keris-keris kamardikan kita tidak bisa mengharapkan kegaiban yang sama seperti keris-keris tua jaman dulu. Seringkali malah keris-keris kamardikan tersebut kosong tidak berpenghuni gaib, karena dalam pembuatannya memang hanya ditujukan untuk melestarikan unsur seninya saja, bukan unsur gaib atau mistisnya. Dan cara pemeliharaan keris kamardikan pun tidak sama lagi dengan pemeliharaan keris-keris jawa tua.
Karena itu keris-keris kamardikan tidak dapat digolongkan atau disamakan sebagai keris jawa tua. Seandainya sebuah keris kamardikan ada berpenghuni gaib, maka isi gaibnya itu bisa dari jenis apa saja, dan perlakuan penggolongannya secara kegaiban disamakan dengan benda-benda gaib lain selain keris jawa.
Khodam dari Benda-Benda Gaib Selain Keris Jawa
Khodam jimat batu cincin, jimat rajahan, khodam jimat isian / asma'an dan khodam keris kamardikan bisa dari jenis apa saja.
Khodam Mustika (yang
asli alam), umumnya bukan bangsa jin. Khodamnya adalah jenis
tersendiri.
Mustika yang sejenis biasanya khodamnya juga dari jenis yang
sama (tetapi wujudnya bisa berbeda-beda).
Mustika yang berbeda, khodamnya juga dari jenis yang
berbeda.
Khodam dari berbagai mustika wesi kuning umumnya sejenis.
Khodam dari banyak mustika merah delima umumnya sejenis.
Tetapi khodam mustika wesi kuning berbeda jenis dengan khodam mustika merah delima.
Khodam mustika keong buntet, burung perkutut majapahit dan burung perkutut jawa berbulu putih biasanya adalah bangsa jin dari golongan putih.
Khodam jimat batu
cincin, jimat rajahan, khodam jimat isian / asma'an dan khodam keris
kamardikan bisa dari jenis apa saja, bisa dari jenis bangsa jin,
kuntilanak, gondoruwo, atau pun jenis mahluk halus lainnya. Karena itu
orang-orang yang memiliki benda-benda gaib tersebut sebaiknya
berwaspada, terutama pada perwatakan
mahluk halusnya dan pengaruh negatif dari keberadaannya (misalnya
mencari tahu dengan cara yang sama seperti menayuh keris). Jika jelas
bahwa perwatakan sosok gaib benda itu tidak baik dan ada
memberikan pengaruh negatif, maka sebaiknya segera melakukan Pembersihan Gaib,
Dalam memberikan tuahnya kepada manusia sosok gaib dari benda-benda gaib tersebut ada yang tampak mendampingi manusia, ada yang tetap berdiam di dalam benda gaibnya masing-masing.
Khodam dari benda-benda gaib selain keris jawa biasanya lebih pasif interaksinya kepada manusia, tidak memberikan manfaat lain yang lebih daripada fungsi tuahnya, tidak memberikan tuah lain sebagai pendamping manusia, seperti memberikan ide / ilham dan wangsit atau peringatan lewat mimpi.
Jika sosok gaib benda tersebut tampak mendampingi si manusia, maka benda tersebut biasanya akan tetap terasakan tuahnya walaupun bendanya ditinggal di rumah. Tetapi jika sosok gaibnya tetap berdiam di dalam benda gaibnya, biasanya benda tersebut akan dapat dinikmati tuahnya hanya jika benda itu dipakai / dibawa serta oleh manusia pemiliknya. Jika benda itu ditinggal di rumah, maka benda tersebut tidak akan terasakan tuahnya. Karena itu benda-benda jimat yang dimiliki sebaiknya selalu dipakai / dibawa untuk memastikan bahwa tuahnya akan selalu dapat dinikmati.
Disarikan dari :
https://sites.google.com/site/thomchrists/
Grand Master Portal Energy Memiliki kemampuan menurunkan keilmuan Portal Energy, Master Portal Energy,Mediumisasi dan mampu berkomunikasi dengan pendamping gaib diri
BalasHapushttp://pelatihanintienergi.com/grand-master-portal-energy.php
Telepon : 0812 8202 7639 / 085 777 269 266
situs web anda menarik sekali tidak banyak situs web yang membahas
Hapusilmu pelet ampuh dan
pengasihan,
dari banyaknya ilmu pelet dan pengasihan
paling ampuh yang mempunyai daya tarik paling banyak adalah
pengasihan arjuna
untuk
memikat wanita , selain itu ada juga
mustika mani gajah asli
yang diburu oleh orang-orang tertentu untuk dimanfaatkan tuahnya. banyak sekali
media atau sarana pelet pengasihan
salah satunya kapsul
susuk emas, ada juga sarana untuk
menjadi wanita yang
memikat. Batu bertuah gendam asmara yang bisa digunakan untuk
memikat lawan
jenis pada pandangan pertama, dan
kristal pemutus rasa untuk
menjaga pasangan agar tidak selingkuh dan anda juga bisa menjaga
pasangan anda
ilmu pelet birahi
Trimaksih untuk nyai kanjen dewi sinta purbasari karna berkat nyai sy bisa menbayar utang sy yang bgitu bnyak dengan bantuan lewat pesugihanyaa oleh karna it bagi saudara saudaraku dijawa maupun di luar jawa yg ingin mendapatkn kemudahan jalan dngn mencari modal usaha mnbayar utang yg menunpuk silahkn anda meminta bantuan lansung dri nyai dewi sinta purbasari silahkan hub lansun no nyai dewi sinta purbasari tampa perantara silahkan hub lansung di no nyikanjen no tlvng 082247121116. Dengan segenap keluaraga besar muhammad yasin - bandung jawa barat mengucapkan banyak trimaksih kepada nyikanjen purbasari wassalama .
BalasHapusTrimaksih untuk nyai kanjen dewi sinta purbasari karna berkat nyai sy bisa menbayar utang sy yang bgitu bnyak dengan bantuan lewat pesugihanyaa oleh karna it bagi saudara saudaraku dijawa maupun di luar jawa yg ingin mendapatkn kemudahan jalan dngn mencari modal usaha mnbayar utang yg menunpuk silahkn anda meminta bantuan lansung dri nyai dewi sinta purbasari silahkan hub lansun no nyai dewi sinta purbasari tampa perantara silahkan hub lansung di no nyikanjen no tlvng 082247121116. Dengan segenap keluaraga besar muhammad yasin - bandung jawa barat mengucapkan banyak trimaksih kepada nyikanjen purbasari wassalama .
BalasHapusassalamu alekum wrtb,sy ibu inda dari malaysia mengucapkan sujud syukur atas bantuang mbah tarso sekarang sy jadi pengusaha sukses jadi trimah kasih yg sbesar2 besarx mbah bagi teman yg mau sukses secepatnx silhkan bergabun dengan mbah tarso di no 085225164678 insya allah di jamin 100% sukses tidak mengecewakan mber
BalasHapuspesugihan tuyul
dukun pelet
dukun santet
dana gaib
uang balik gaib
atau klik http://angkasupertop.blogspot.com